Kepala Badan Nasional Penanggulangan(BNPB) Pusat Buka Peringatan Pengurangan Resiko Bencana Nasional

indonesiasatu, 13 Oct 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

BABEL - Peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Nasional ke 8 dibuka secara resmi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat Letjen TNI Doni Munardo yang diikuti hampir 5.000 orang insan kebencanaan se Indonesia yang dipusatkan di Kepulauan Bangka Belitung, ditandai dengan pemukulan gong oleh Kaban BNPB didampingi gubernur Kepulauan Bangka Belitung, dipusatkan di Novotel Hotel and Convention Hall Centre, Minggu (13/10-2019) di Bangka Pangkal Pinang.

Kaban BNPB Doni Munardo menekankan dalam pengurangan risiko bencana yang diperlukan adalah apa solusi yang kita lakukan agar masyarakat mengetahui kajian dan upaya apa yang dilakukan oleh masyarakat itu sendiri.

Sejumlah alat pendeteksi dan sensor kebencanaan akan ditempatkan dilokasi rawan bencana, sehingga dapat terdeksi dengan cepat kejàdian dan dampak yang dirasakan masyarakat. Pengurangan risiko bencana yang harus diperhatikan adalah bagaimana saat mendirikan bangunan yang dibuat disesuaikan dengan kontur wilayah, agar tidak banyak yang terdampak saat  bencana. Jatuhnya korban tidak saja warga terkena dampak langsung tetapi karena bangunan yang tidak sesuai roboh dan menambah korban berjatuhan.

Pencegahan lebih baik dari penanggulangan saat darurat bencana. Inilah yang perlu diperhatikan oleh pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. Harapan Kaban BNPB apa usaha dan bagaimana masing-masing OPD melalui BPBD dapat mengatasi dan mengkoordinir mitigasi bencana. Bagaimana BPBD bisa memetakan risiko bencana yang ada di daerahnya masing-masing. Kepada pimoinan daerah dan semua pihak yang memiliki kewenangan dalam menyusun  keuangan untuk dapat menyiapkan dana dalam upaya mengurangi risiko bencana. 

Acara puncak bulan PRB nasional tahun 2019 dirangkai dengan Keynote speaker Kemeterian Dalam Negeri tentang Penyelenggaraan Pemerintahan bidang Kebencanaan, Lounching Produk Kebencanaan dan Penandatanganan MoU dan PKS BNPB dengan 10 organisasi mitra  serta pemberian penghargaan kepada daerah atas konstribusi terhadap upaya PRB di daerah. Pembacaan 10 rekomendasi strategi PRB untuk Indonesia 2020-2024, serta Penyerahan hadiah lomba dan penyerahan Penghargaan Tangguh Award (Syafrianto.Sos)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu